Khataman Al-qur'an, Bersama Majelis Ta'lim Hidayatus Shibyan


Tarub-Tegal.

Tadarus//Process
          Tadarus Al-qur'an di bulan Ramadhan ialah kegiatan membaca dan mempelajari Al-qur'an bersama-sama. Tadarus sendiri berasal dari kata darasa-yadrusu, yang artinya mempelajari, meneliti, menelaah, mengkaji dan mengambil pelajaran. tambahan huruf ta' yang ada didepannya sehingga menjadi Tadarasa Yatadarasu yang artinya saling belajar, atau menambah dan mempelajari secara lebih mendalam.

          walaupun kita sekarang dalam keadaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) karena wabah coronavirus disease 19 atau COVID-19. tidak menghalangi proses bertadarus dan khataman di dalam majlis ta'lim hidayatus shibyan. Sesuai dengan anjuran pemerintah dalam Permenkes 9 tahun 2020 tentang pedoman PSBB dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 kita tidak dianjurkan berkumpul dan berpergian untuk hal yang tidak penting. dan menjaga jarak antara orang yang satu dengan orang lain (0,5 - 1,5 meter).

          Selama bulan puasa, kepengurusan majlis mengadakan tadarus alquran dan khataman, baik dilakukan oleh kalangan pemuda-pemudi majlis ta’lim Hidayatus Shibyan dilakukan pada waktu habis subuh, bada duhur, bada ashar, bada dhuha, bada isya, yang sudah dibagi setiap anggotanya untuk membaca Al-qur’an. Sedangkan untuk khataman dilakukan ba’da isya dengan menggunakan waktu sebaik-baiknya dan disegerakan selesai. Semuanya itu hanya untuk syiar islam dan juga mengamalkan ilmu alquran sekaligus menjadi amalan bagi mereka yang menyimak, membaca dan mengamalkan kitab suci umat islam.

          Adanya pandemic Covid-19 tidak mengurangi semangat dari para anggota majlis untuk terus bertadarus dan khatam Al-qur’an di bulan Ramadhan yang penuh berkah.

           khataman dilakukan ba’da isya, ditambah dengan minuman dan makanan tergantung request kepada pengurus konsumsi majlis. Agar semangat

Apa sih hikmah dari tadarus Al-qur’an ?
          Tadarus Al-qur'an di bulan Ramadhan merupakan kegiatan yang luar biasa karena pada bulan ramadhan semua amal ibadah kita dilipat gandakan oleh Allah SWT, termasuk membaca Al-qur’an.  Selain membaca kita juga mengusahakan untuk memahami isi dari Al-qur'an tersebut sehingga kita bisa mengaplikasikannya bagi kehidupan kita dan disitulah kita bisa mendapatkan berbagai hikmah dari membaca Al-qur'an.
          Hikmah lainnya ialah, dapat mengangkat derajat orang yang membaca Al-qur’an dan menyimaknya. "Sesungguhnya Allah SWT, mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab Al-qur'an dan Allah SWT, merendahkan kaum lainnya (yang tidak mau membaca, mempelajari, dan mengamalkan Al-qur'an)" (HR. Bukhari). 
       Kemudian akan mendapatkan ketenangan hati dan jiwa karena membaca Al-qur’an akan mengantarkan kita kepada ketenangan hati, jiwa, dan pikiran karena Al-qur’an merupakan as syifa yaitu sebagai obat.
          Hikmah lain akan di jauhkan dari godaan setan, maksudnya kita tadarus Al-qur’an pada bulan Ramadhan akan semakin memantapkan jiwa dalam beribadah kepada Allah SWT. Insya Allah tadarus Al-qur’an ini dapat menjadi syafaat atau pertolongan kelak di yaumil kiyamah, Aamiin ..

       Sebagaimana hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh imam muslim: "Bacalah Al-qur’an oleh kamu sekalian, karena bacaan Al-qur’an yang dibaca ketika hidup di dunia ini, akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat nanti".

        Semoga setelah berakhirnya bulan Ramadhan para pembaca Al-qur’an tetap istiqomah walaupun sudah khatam Al-qur’an di masjid selesai, dirumah masing-masing anggota majlis  diusahakan masih ikhlas dan istiqomah membaca Al-qur’an dengan rutin. Karena kelak rumahnya penuh cahaya dan menjadi tentram dalam kehidupan berkeluarga, malaikat rahmat akan selalu datang dan memberikan rahmatnya tanpa disangka-sangka.

Aamiin ya robbal alamin...


Written by lily  on Mei 03, 2020


No comments:

Post a Comment

Jika ada pertanyaan atau hal yang kurang jelas terkait dengan Majelis(Donasi dan lain sebagainny), Silakan Hubungi CP kami

Customer Support